Berenang vs Berlari – Mana yang Lebih Baik dalam Mengurangi Berat Badan?

Berenang vs Berlari – Mana yang Lebih Baik dalam Mengurangi Berat Badan?

Setiap orang punya olahraga yang disenangi termasuk berenang dan berlari. Lalu bagaimana dengan berenang vs berlari? Semua orang tahu bahwa olahraga adalah bagian penting dari penurunan berat badan. Namun, tidak setiap latihan diciptakan sama.

Baca Juga: 4 Tipe Olahraga yang Harus Kamu Ketahui 

Misalnya, apakah berlari satu mil lebih baik atau lebih buruk daripada berenang satu mil? Jawabannya adalah jika Anda bisa memilih berenang daripada berlari, Anda membuat pilihan yang tepat untuk latihan penurunan berat badan Anda.

Berlari vs Berenang

Kedua latihan memiliki kelebihan mereka untuk menurunkan berat badan yang sehat dan kedua latihan dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, hanya saja manfaat untuk berenang lebih penting daripada berlari.

Apa manfaat berenang?

Saat Anda berenang, Anda mendapatkan latihan pada seluruh tubuh yang lebih mudah pada sendi Anda daripada berlari. Saat Anda berenang, Anda bekerja di sebagian besar tubuh bagian bawah, termasuk perut, paha belakang, betis dan paha depan.

Baca Juga: Apa yang Dapat Mendefinisikan “Olahraga”?

Namun, berenang juga lebih banyak melatih otot tubuh bagian atas daripada berlari. Lengan dan otot tubuh bagian atas lainnya digunakan untuk menarik tubuh melalui air, membangun kekuatan tubuh bagian atas.

Berenang selama tiga puluh menit sehari membantu Anda menurunkan berat badan jika asupan kalori Anda konsisten. Intensitas Anda harus kuat jika Anda ingin ini berfungsi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengklasifikasikan latihan intensitas sedang sebagai latihan yang membuat Anda pada detak jantung maksimum 50 hingga 70 persen. Latihan 7 menit yang kuat berlangsung dari 70 hingga 85 persen denyut jantung maksimum.

Baca Juga: 11 Olahraga yang Kurang Populer di Dunia

Anda dapat membakar kira-kira 350 kalori selama 30 menit penuh semangat. Jika Anda membakar 500 kalori lebih banyak daripada yang Anda makan setiap hari, Anda bisa kehilangan satu pon seminggu. Anda bisa menurunkan hampir 90% dari berat tubuh Anda dengan berenang. Dibutuhkan lebih banyak upaya fisik untuk berenang sejauh dua mil daripada menjalankan dua mil. Dengan kata lain, berenang membutuhkan lebih banyak upaya kardio daripada lari.

Baca Juga: 15 Manfaat Kesehatan dari Olahraga 

Kelebihan lainnya untuk berenang adalah ketahanan air. Tahan air lebih kuat daripada hambatan angin yang terkait dengan berlari. Anda bisa mendapatkan perlawanan yang konsisten jika Anda berenang di kolam renang. Berlari menawarkan resistensi yang tidak terduga.

Jumlah kalori yang Anda bakar dipengaruhi oleh resistensi. Berenang adalah yang terbaik untuk pencegahan nyeri sendi. Ini adalah latihan yang berdampak rendah, dan lebih baik bagi orang tua untuk memilih berenang daripada berlari.

Jangan keluarkan olahraga lari dari hitungan

Berlari adalah runner up yang bagus. Anda dapat membakar hampir 700 kalori jika Anda berlari tujuh mil per jam. Ada lebih banyak potensi untuk menurunkan berat badan dengan berlari, tetapi untuk tujuan kesehatan secara keseluruhan, renang adalah pilihan yang lebih baik, terutama bagi orang yang menderita radang sendi dan masalah persendian lainnya. Plus, Anda bisa berenang selama tiga puluh menit sehari, tetapi untuk berlari agar efektif, yang terbaik adalah berlari setidaknya satu jam sehari.

Baca Juga: Mengapa WWE adalah Bisnis dan Bukan Olahraga

Berlari juga membantu Anda membangun tulang yang lebih kuat, karena meningkatkan kepadatan mineral tulang Anda. Namun, ada kelemahannya. Berlari dapat meningkatkan peluang Anda mengalami patah tulang. Lengan Anda bergerak saat Anda berlari, tetapi tidak melawan perlawanan seperti saat berenang.

Dengan demikian, Anda tidak mendapatkan latihan seluruh tubuh bagian atas. Salah satu cara untuk membantu adalah membawa beban saat Anda berlari. Ini dapat membantu meningkatkan latihan tubuh bagian atas Anda. Anda harus mengetahui informasi medis ini.

Ada beberapa keuntungan lain untuk berlari. Jika Anda tidak memiliki kolam renang sendiri, akan sulit untuk mendapatkan waktu berenang. Anda harus mematuhi jadwal klub, gym, atau kolam renang umum Anda. Anda juga harus bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan ruang untuk berenang. Namun, dengan berlari, Anda bisa berlari ke mana saja.

Jika hujan di luar, Anda bisa berlari diatas treadmill untuk menurunkan berat badan. Anda dapat berlari di taman, di jalan Anda, di tempat parkir, dll. Ada banyak tempat yang dapat Anda jalankan. Anda dapat membuat berlari Anda lebih sulit atau lebih mudah tergantung di mana Anda berlari. Misalnya, Anda dapat mengubah kemiringan di treadmill atau berlari naik turun bukit dan lembah di taman.

Saat berolahraga, berenang dan berlari adalah pilihan tepat untuk membakar kalori. Jika Anda menginginkan latihan seluruh tubuh dengan kondisi yang konsisten, berenang adalah pilihan terbaik. Jika Anda menyukai perubahan medan dan ingin memperbaiki tulang Anda, berlari adalah pilihan yang lebih baik. Either way, menambahkan aktivitas fisik dalam hidup Anda adalah langkah positif dalam hidup sehat.