4 Tipe Olahraga yang Harus Kamu Ketahui

4 Tipe Olahraga yang Harus Kamu Ketahui

Terdapat beberapa tipe olahraga yang harus kamu ketahui lho. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak olahraga berbeda yang bisa dimainkan seseorang. Bahkan, acara olahraga seperti Olimpiade menampilkan daftar panjang olahraga. Itu menunjukkan bahwa bidang olahraga itu beragam dan luas.

Baca Juga: 11 Olahraga yang Kurang Populer di Dunia

Tetapi, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang berbagai jenis olahraga, Anda disarankan untuk memeriksa dan membaca daftar di bawah ini karena memberi Anda informasi tentang berbagai jenis olahraga ini. Ingatlah bahwa pada artikel ini kami tidak menyertakan semua jenis olahraga yang tidak bersifat fisik.

Sebagai contoh, beberapa orang menganggap catur atau bahkan permainan poker sebagai olahraga karena orang saling bersaing menggunakan otak mereka alih-alih tubuh mereka. Tetapi pada artikel ini kami hanya menyertakan jenis olahraga yang dianggap sebagai fisik. Berikut adalah daftar berbagai jenis olahraga

Baca Juga: Apa yang Dapat Mendefinisikan “Olahraga”?

1. Olahraga Bola

Pertama dalam daftar jenis olahraga yang berbeda adalah olahraga bola yang juga paling umum di antara semua jenis olahraga. Olahraga bola adalah olahraga apa pun yang melibatkan dan menggunakan bola. Olahraga bola dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu bola saja, bola dan tongkat atau kelelawar, dan bola melewati jaring. Di bawah klasifikasi bola hanya bola basket, sepak bola atau sepak bola, bowling, sepak bola, bola basket, bola tangan, dan tenis meja.

Baca Juga: Berenang vs Berlari – Mana yang Lebih Baik dalam Mengurangi Berat Badan?

Disisi lain, beberapa contoh bola dan tongkat atau kelelawar adalah golf, baseball, hoki lapangan, kriket, lacrosse, biliar, dan softball. Tenis, bulu tangkis, polo air, pickleball, dan bola voli adalah beberapa olahraga yang berada di bawah klasifikasi bola di atas net.

2. Olahraga Kekuatan dan Tempur

Jenis olahraga lain adalah olahraga kekuatan dan pertempuran yang merupakan olahraga yang melibatkan kekuatan dan pertempuran. Beberapa contoh olahraga yang berbasis kekuatan termasuk binaraga, angkat besi, dan angkat besi.

Sementara itu, beberapa contoh olahraga tempur adalah tinju, pertarungan pamungkas, gulat, dan seni bela diri kuno seperti jujitsu, karate, dan taekwondo. Kendo dan pagar adalah beberapa contoh olahraga pertempuran yang memungkinkan dan menggunakan senjata.

Baca Juga: 15 Manfaat Kesehatan dari Olahraga 

Banyak dari olahraga ini adalah pertandingan Olimpiade yang jelas menunjukkan pentingnya olahraga tersebut

3. Olahraga Daya Tahan dan Lintasan

Olahraga lintasan dan ketahanan adalah jenis olahraga lain yang ada di bidang ini. Di bawah lintasan, olahraga adalah maraton, sprint, relay, lompat jauh dan lompat tinggi, lempar lembing, lompat galah, dan lempar cakram yang beberapa dapat dimainkan baik oleh satu orang atau oleh tim. Bersepeda gunung, bersepeda jalan, BMX, trek bersepeda, dan cyclocross juga termasuk dalam olahraga trek.

Dengan olahraga ketahanan, biathlon yang terdiri dari bersepeda dan berlari, biathlon yang terdiri dari ski dan menembak, dan triathlon, yang terdiri dari berenang, bersepeda, dan berlari adalah beberapa contoh dari jenis olahraga ini.

Decathlon yang terdiri dari lari, lompat jauh dan lompat tinggi, rintangan, lemparan seperti lemparan lembing, lempar cakram, dan lemparan peluru juga berada di bawah olahraga ketahanan.

Baca Juga: Mengapa WWE adalah Bisnis dan Bukan Olahraga

4. Olahraga Air, Salju, dan Es

Terakhir adalah olahraga air, salju, dan es yang merupakan olahraga apa pun yang terkait dengan unsur air, salju, dan es. Beberapa contoh olahraga air adalah berenang, renang yang disinkronkan, menyelam, bangun papan, berselancar, berlayar, dan mendayung.

Beberapa olahraga yang dapat dimainkan di atas es adalah hoki es yang populer, figure skating, speed skating dan curling. Sementara itu, di bawah olahraga salju terdapat snowboarding, ski, sledding, luge, skeleton, bobsled atau bobsleigh, dan ski bobbing.